BAB
I
PENDAHULUAN
1.1.Latar
Belakang
Dalam
ternak ikan, pakan adalah hal yang sangat vital. Kurang memberi pakan pada ikan
akan menghambat pertumbuhan ikan. Disisi lain, pemberian pakan yang berlebih
bisa berdampak pada kondisi kolam karena pakan yang terbuang akan menimbulkan
parasit pada kolam. Kondisi terasebutlah yang dapat membuat peternak merugi.
Apalagi jika kolam yang dimiliki sangat luas. Hal itu membutuhkan tenaga ekstra
untuk melakukan pengawasan. Salah memilih pengurus kolam ditambah tidak bisa
terpantau secara real time dapat merugikan di pihak peternak. Kerap terjadi
pengurus menyelewangkan harga pakan untuk keuntungan pribadi atau pengurus lupa
memberi pakan ikan. Tidak ada bukti real apakah pengurus sudah melakukan
tugasnya atau tidak.
Oleh karena itu,
dibuatlah efhisery untuk melakukan pakan otomatis kepada ikan dengan
memperhatikan nafsu makan ikan ditambah dapat dipantau kondisi ikan dimanapun
oleh peternak sehingga menyebabkan pengelolaan ternak ikan semakin baik.
1.2.Maksud
dan Tujuan
1.2.1
Maksud
·
Memberikan pakan ikan secara otomatis
·
Peternak dapat melihat perkembangan ikan
dimanapun secara online
1.2.2 Tujuan
·
Peternak dapat meningkatkan keuntungan
dari ternak ikan
·
Peternak dapat melakukan Analisa secara
realtime diamanapun melalui aplikasi
1.3.Ruang
Lingkup
·
Sistem dapat memberi pakan ikan secara
otomatis
·
Sistem dapat memantau perkembangan ikan
·
Sistem dapat memantau kondisi kolam
BAB
II
PEMBAHASAN
2.1 Nama Sistem
Nama
dari sistem ini adalah “Efishery”.
2.2 Metodologi Pengerjaan
·
Requirement,
pada tahapan ini efishery akan mendefiniskan apa saja yang diinginakan sistem
mulai dari awal sistem itu dibuat hingga nanti saat sistem dideploy
·
Design,
pada tahapan ini efishery akan menghasilkan sebuah arsitektur sistem secara
keseluruhan dan menentukan alur dari perangkat lunak
·
Implementation,
pada tahapan ini hasil dari tahapan design akan diubah menjadi kode kode
program serta setting dari perangkat IoTnya.
·
Verification,
pada tahapan ini adalah tahapan dimana hasil yang didapatkan pada tahapan
implementation akan diverifikasi dengan rencana pembuatan dan requirement
design di awal
·
Maintenance,
pada tahapan ini efishery akan melakukan perawatan dan perbaikan sistem jika
ada kendala.
2.3 Teknologi Yang Digunakan
2.3.1
Perangkat Keras
·
Raspbery PI 1 Model B+
·
Vibration Sensor
·
Accelerometer
·
Mobile Device dengan sistem operasi
Android minimal Versi 5.1.1
·
Laptop / PC dengan spesifikasi minimal
Processor Intel® Core™ i3-2410M, RAM 2 GB, Harddisk 256GB
2.3.2
Perangkat Lunak
·
Android Studio
·
Ubuntu Linux 14
·
MySql Database
·
GIT
·
Raspbian
2.4
Tenaga Ahli
Untuk
pengerjaan proyek efishery dibutuhkan beberapa tenaga ahli. Berikut spesifikasi
tenaga ahli yang dibutuhkan:
·
Team Leader sebanyak 1 orang,
·
Ahli Analis Sistem sebanyak 1 orang
·
Ahli Elektronika Arus Lemah sebanyak 3
orang
·
Ahli IoT sebanyak 2 orang
·
Ahli database sebanyak 1 orang
·
Frontend Programmer 2 Orang
·
Backend Programmer 3 Orang
·
Ahli bidang perikanan sebanyak 2 orang
2.5
Rincian Biaya
2.5.1 Kebutuhan Perangkat Lunak
·
Android Studio Free
·
Ubuntu Linux 14 Free
·
MySql Database Free
·
GIT Free
·
Raspbian Free
2.5.2
Kebutuhan Perangkat Keras
·
Raspbery PI 1 Model B+ Rp. 40.000.000,00
·
Vibration Sensor Rp. 15.000.000,00
·
Accelerometer Rp. 15.000.000,00
·
Server Rp. 30.000.000,00
Total Rp
100.000.000,00
2.5.3
Kebutuhan Pegawai
·
Team Leader Rp. 20.000.000 x 1
·
Ahli Analis Sistem Rp. 10.000.000 x 1
·
Ahli Elektronika Rp. 5.000.000 x 3
·
Ahli IoT sebanyak Rp. 5.000.000 x 2
·
Ahli database Rp.
5.000.000 x 1
·
Frontend Programmer Rp.
5.000.000 x 2
·
Backend Programmer Rp.
5.000.000 x 3
·
Ahli bidang perikanan Rp.
5.000.000 x 2
Total
Rp.
95.000.000
2.5.4 Kebutuhan Lain lain
·
Lain lain Rp 5.000.000
Total Rp.
5.000.000
2.6
Keluaran
Keluaran
minimal dari Proyek efishery adalah sebagai berikut:
· Aplikasi
Mobile Efishery berbentuk apk
produksi sehingga bisa langsung didistribusikan
· Versioning
dari aplikasi yang sudah dibuat beserta dokumentasinya juga harus tersedia di
dalam versioning tersebut
· Perangkat
IoT Efishery
· Dokumentasi
kegiatan yang dilaksanakan selama melakukan pengembangan proyek Efishery
· Dokumentasi
seluruh sistem dalam bentuk buku manual
· Petunjuk
penggunaan dalam bentuk gambar dan video
· Pelatihan
, pendamping / asistensi, garansi dan pemeliharaan
BAB
III
PENUTUP
Demikian proposal pembuatan sistem
efishery ini kamu ajukan. Mengingat betapa pentingnya pengamatan perkembangan
ikan maka perlu adanya sistem efishery untuk memantau segala aktifitas yang
terjadi di kolam ikan
Terima kasih atas perhatiaanya kami
ucapkan terima kasih.
No comments:
Post a Comment